Jumat, 08 Februari 2008

KARYA ANAK BANGSA

KARYA ANAK BANGSA

Perseteruan yang membuahkan keakraban

Pada pukul 14.00 wib terjadi perseteruan antara junior dan senior diakibatkan karena para senior yang membina peserta PA (Pengenalan Akademik) menanamkan kedisiplinan sesuai aturan, namun peserta PA yang belum biasa dengan peraturan kedisiplinan merasa berat untuk menyesuaikan diri. Sehingga terjadi sedikit ketegangan antara peserta PA dan senior, namun perseteruan ini berakhir dengan keakraban, ini semua terjadi karena adanya PA. (Linariati, G. Gabriel, Adrian H)

PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) STPP Yogyakarta

Dengan dibutuhkannya tanaga penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan yang tangguh dan profesional serta berkompetensi tinggi, maka badan SDM pertanian (Deptan) melalui STPP Yogyakarta memberikan kesempatan kepada PNS lingkup Deptan, Dephut untuk dapat meningkatkan jenjang pendidikannya.

Program pendidikan di STPP Yogyakarta tahun akademik 2007/2008 berlangsung selama 4 tahun dengan sistem pembelajaran in – out kampus. Sistem in – out kampus ini mulai dilaksanakan pada tahun 2006/2007. ( Suratemin, Bambang M, Wita P.N)

Kedisiplinan

Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, nilai kedisiplinan masih sangat rendah padahal pada saat sekarang ini dibutuhkan manusia yang disiplin, baik disiplin waktu, tempat, maupun yang lainnya, karena kedisiplinan merupakan salah satu kunci keberhasilan.

Sebagai contoh kedisiplinan di STPP diterapkan/ditanamkan. Jika kedisiplinan untuk membentuk lulusan yang handal sehingga penyuluh nantinya kedisiplinan mencakup segala bidang. ( Sulardi, Agus R, Nori)

Tumpukan karung mencurigakan

Kejadian luar biasa kami temukan beberapa gundukan karung yang disinyalir barang terlarang dikawasan STPP Yogyakarta, namun setelah kami cek keberadaannya ternyata gundukan karung yang berisi cincangan sabut kelapa untuk media tanam. (isrumadi, parsono, sapingi)

Rayap bukan hama tanaman

Keberadaan rayap ditanaman mangga, banyak orang menganggap sebagai hama tanaman yang merugikan, padahal setelah diamati lebih teliti pada tanaman mangga didepan sekretariat PA (Pengenalan Akademik) STPP Yogyakarta 2007/2008, dia hanya memakan bahan organik (kulit luar) yang telah mati/kering. Kadang untuk menuju ranting yang kering/cabang mati, rayap dari permukaan tanah membentuk alur yang ditutupi tanah (membentuk lorong). (Sukarno, Sudarsono, dalmanto)

Pengenalan akademik

Pengenalan akademik (PA) calon mahasiswa STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian Yogyakarta hari Rabu tanggal 5 juli 2007 memasuki hari terakhir. Jumlah peserta 28 calon mahasiswa dapat mengikuti seluruh kegiatan, kecuali satu orang terpaksa meningggalkan kampus, karena ibunya dirawat dirumah sakit. (ahmadi, Supriyana, fernando L)

Calon mahasiswa stpp yogyakarta

Pada tanggal 1 September 2007, sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian di Yogyakarta telah menerima calon mahasiswa tahun akademik 2007/2008 sebanyak 27 orang dari jumlah pendaftar 64 orang yang berasal dari berbagai daerah indonesia. (Djilik Ay, Wahidin, Agus P)

Dari data yang ada banyak ibu-ibu asinya mengandung zat kimia berbahaya, yang berasal dari pestisida hal tersebut diakibatkan dengan adanya penerapan teknologi pertanian yang menggunakan bahan kimia.

Maka dari itu sekarang ini dikembangkan produk oragnik, yang menggunakan bahan-bahan alami untuk mengurangi bahaya yang ditimbulkan dari zat-zat kimia. Produk organik tersebut, seperti beras organik, sayuran organik, buah organik. Sekarang sangat dibutuhkan oleh masyarakat meskipun harganya lebih mahal. ( Dartana, Mulyana, Siswidarto).

Tidak ada komentar: