Jumat, 08 Februari 2008

“LAND USE”

LAND USE

PROGRAM APLIKASI

UNTUK MENGETAHUI KESESUAIAN LAHAN

Sebagai seorang penyuluh maupun agen pembangunan pertanian baik swsta dan pemerintah, Anda sering dihadapkan dengan permasalahan kesesuaian lahan pada lokasi yang Anda garap. Hal ini mungkin juga dihadapi oleh para pebisnis dibidang agribisnis, bingung menentukan komoditas apa saja yang akan ditanam pada lahan yang dimiliki. Lalu, tindakan yang dilakukan untuk menentukan komoditas tersebut bisa mencari informasi ke BPTP, atau meneliti sendiri komoditas apa yang cocok. Tindakan yang pertama mungkin lebih efisien, meskipun Anda harus merogoh kocek untuk mengganti biaya administrasi untuk memperoleh rekomendasi. Anda sudah disodori berbagai informasi tentang wilayah yang akan Anda garap. Biasanya informasi tersebut dalam bentuk peta zona agroekosistem (ZAE) yang mudah dibaca.

Lalu, bagaimana yang kedua? cara yang kedua di atas kurang efisien dan memerlukan pengetahuan yang handal. Anda harus mengambil data, mengolah data, mencari informasi pendukung lainnya. Setelah tahu jenis tanah, kesuburan, pH, kemiringan lahan dan sebagainya. Maka Anda harus mengolah bagaimana supaya didapatkan rekomendasi komoditas yang cocok ditanam di wilayah tersebut.

Namun apa boleh buat apabila letak BPTP jauh dijangkau atau bahkan belum ada penelitian di wilayah yang akan Anda kembangkan. Cara yang kedua memang harus dilakukan. Mencari data, mengolah data kemudian baru didapat rekomendasi. Tapi Anda tidak perlu bingung untuk mengolah data tersebut. Beberapa waktu yang lalu ketika saya browsing ke internet, secara kebetulan saya dapat aplikasi “Land Use” yang ternyata bisa digunakan untuk mengolah data wilayah seperti pH, tekstur tanah, kemiringan lahan, jumlah bulan yang curah hujannya kurang dari 60 mm dalam setahun, dan beberapa informasi lain menjadi sebuah rekomendasi komoditas apa saja yang bisa ditanam di wilayah tersebut.

Saya akan mencoba memberi contoh data yang Anda miliki misalnya:

No

Parameter Pengamatan

Data

1

2

3

4

5

6

7

8

pH tanah

Kemiringan lahan

Jenis tanaman yang ingin dikembangkan

Tekstur tanah

Jumlah bulan bercurah hujan kurang dari 60 mm

Ketinggian tempat m dpl

Tanah terbentuk dari

Jumlah bulan bercurah hujan lebih dari 100

5,6

8 %

Sayuran (vegetable)

Liat (loamy)

4

450 m dpl

Proses vulkanik

6

Data di atas akan dimasukkan dalam program aplikasi land use. Caranya tidak terlalu sulit, Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk-petunjuk di dalamnya. Dari data tersebut bila dimasukkan dalam program aplikasi land use akan diperoleh hasil seperti di bawah ini

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuklah ke dalam directory land use
  2. Jalankan file bernama land use.bat yang berada di direktori tersebut.
  3. land use akan memberi informasi tentang program aplikasi tersebut, tekan sembarang tombol untuk melanjutkan langkah
  4. Anda akan ditanyai, apa yang ingin anda lakukan

  1. Ketik nomor “1” bila memilih nomor satu, dan ketik “2” untuk memilih pilihan ke dua. Kali ini kita akan memilih nomor “2” (you prefer to grow specific crops) menumbuhkan tanaman utama. Lalu tekan enter.
  2. Anda akan ditanyai pH tanah di wilayah anda diketahui atau tidak. Anda jawab diketahui dengan mengetik angka “1”, lalu enter.
  3. Masukkan data pH misal 5,6 dengan penulisan 5.6 (tanda koma diganti titik). Lalu tekan enter.
  4. Anda akan diberi informasi tentang keasaman tanah “keasamaan tanahnya sedikit asam”.

  1. Lalu tekan enter untuk melanjutkan langkah.
  2. Anda akan ditanyai kemiringan lahan. Misal Anda masukkan 8%. Maka dalam pilihan tersebut anda akan mengetik angka “2”, lalu tekan enter.
  3. Anda akan ditanyai, jenis tanaman apa yang akan ditanam, misalnya sayuran. Maka pilih vegetable dengan mengetik angka “7” kemudian diikuti enter.
  4. Langkah selanjutnya Anda akan ditanyai tekstur tanah. Misalnya bertekstur Liat (loamy), maka ketik angka “3” diikuti enter.
  5. Anda akan diberi informasi bahwa drainase tanah bagus dan sedang seperti gambar di bawah ini

  1. Tekan enter untuk melanjutkan langkah berikutnya.
  2. Anda diminta memasukan angka berapa jumlah bulan yang bercurah hujan kurang dari 60 mm. Misalnya berjumlah 4, maka ketik angka 4 diikuti enter.
  3. Anda akan diberi informasi mengenai kelembaban udara,

  1. Tekan enter, lalu anda akan ditanyai ketinggian tempat dari permukaan laut. Misalnya 450 m dpl, maka ketikan angka 450 lalu enter
  2. Anda akan diberitahu mengenai temperature seperti gamber di bawah ini

  1. Setelah anda tekan enter, maka anda akan diberitahu beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam di wilayah tersebut.

  1. Lalu anda ditanya bahan pembentuk tanah (vulkanik atau bukan vulkanik). Misalnya Anda pilih vulkanik dengan mengetik angka 1, lalu enter.
  2. Anda akan diberi informasi lebih lengkap mengenai wilayah tersebut seperti gambar di bawah ini

  1. Tekan enter untuk melanjutkan, maka anda akan ditanya berapa jumlah bulan yang bercurah hujan lebih dari 100 mm. Misalnya berjumlah 6 bulan, maka ketik angka 6, diikuti enter, lalu tekan sembarang tombol.
  2. Anda akan diberi rekomendasi sebagai berikut:

Bagaimana? Mudahkan caranya. Tapi yang tidak boleh ketinggalan, Anda harus benar-benar paham rekomendasi tersebut. Oh iya, jika anda menginginkan software land use, bisa menghubungi BALITTAN Bogor, atau menghubungi penulis di email tiyok65@gmail.com atau no HP 081392316007.(teo’).

You can grow Chinese cabbage, chili pepper,sweet pepper, tomato, cucumber, egg plants, long bean, winged bean, amaranths sp, or onion.

The soil has high P adsorbing capacity, application of rock phosphate and organic manure is recommended

Note: Rock phosphate has high solubility in acid soil and soil with high P adsorbing capacity. Applying the fertilizer with organic manure will reduce the contact with adsorption sites along with mycorhyzae will gretly increase the P availability to the plant.

Tidak ada komentar: